Sabtu, 05 Maret 2016

Sarapan Sempurna Bersama Keluarga

Hai, Maks!
Salam Sarapan Sempurna ^^

Saat apa teriuh dalam hidupmu?

Kalau saya, saat kami sekeluarga berkumpul di pagi hari untuk sarapan bersama. Sarapan kami tak selalu mewah. Cenderung seadanya. Yang paling standar tentu karbohidrat dan segelas susu atau teh hangat. Semua berkumpul di kursi masing-masing di dapur kami yang kecil dengan meja makan yang sangat mini.

anak-anak asyik sarapan pagi sebelum beraktifitas
dok.pri

Dengan atau tanpa kehadiran ayahnya yang terkadang berdinas di luar kota atau luar negeri sebagai abdi negara, anak-anak tetap bersemangat sarapan pagi bersama. Mereka akan sibuk mengurusi piring masing-masing, meminta pilihan minum mereka, bercerita tentang kawannya, menanyakan kabar ayahnya, dan sedikit berantem berebut sesuatu. Saya akan sibuk sekali menyiapkan sarapan mereka dan memastikan bahwa bekal makan siang mereka di sekolah telah sempurna sebelum beranjak duduk di tengah-tengah mereka sambil melayani atau mengobrol soal pekerjaan rumah mereka. Sungguh, sarapan yang sempurna :D

Duduk bersama, kemudian mengantar mereka masing-masing ke sekolah adalah aktifitas berikutnya. Sebuah senyum dan ciuman saling kami lepas, mengiringi langkah kaki kecil mereka memasuki sekolahnya. Meskipun sesekali mereka pergi dengan muka ditekuk karena insiden kecil di pagi hari, saya merasa tenang saat memastikan bahwa pagi mereka dilalui dengan baik dan penuh energi karena mereka selalu sarapan pagi.

Eh, sebetulnya apakah sepenting itu sarapan pagi?

Saya cukup beruntung karena mendapat pengetahuan lengkap mengenai pentingnya sarapan sempurna saat mendapat undangan menghadiri kampanye Bulan Sarapan Sempurna oleh Kumpulan Emak Blogger dan Frisian flag Indonesia bersama si kecil Elizzat pada 27 Februari lalu di Kemang-Jakarta Selatan. Ini bukan saja tentang “tolong sebarkan pesan dari Frisian Flag ini” tapi juga tentang “dirimu dan keluargamu”.

bunda dan Elizzat ^^
dok.pri

Southeast Asian Nutrition Survey (SEANUTS) melakukan studi multisenter mendalam yang digagas FrieslandCampina di 4 negara termasuk Indonesia, meneliti status gizi, pertumbuhan, pola makan dan asupan gizi anak-anak berusia 6 bulan hingga 12 tahun. Di Indonesia studi ini dilaksanakan bekerjasama dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI).

SEANUTS menemukan bahwa hanya 1 dari 10 anak Indonesia usia 2-12 tahun yang memunyai kuantitas sarapan yang cukup dengan kualitas yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi anak di kelompok umur 9-12 tahun memiliki kuantitas sarapan yang tidak cukup, lebih banyak dibanding kelompok umur 2-8 tahun. Hal ini juga dialami anak perempuan yang menunjukkan kuantitas sarapan tidak cukup, lebih banyak anak laki-laki. (Demikian sesuatu release Frisian Flag Indonesia)

Sementara itu menurut Spesialis Gizi Klinis, Dr.dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, setelah tidur 8-10 jam, tubuh seseorang yang normal membutuhkan sumber energi. Sarapan bergizi membantu menyediakan sumber energi tersebut dan dapat diperoleh dari pangan kaya karbohidrat dan protein yang terdiri dari lauk pauk, sayuran atau buah-buahan, dan kesempurnaan seperti tambahan minuman susu. Ragam bahan pangan dengan porsi kalori dan komposisi gizi seimbang diperlukan untuk membuat sarapan lebih bergizi dan bervariasi sehingga siap menjadi bekal semangat pagi bagi kita semua.

para bunda asyik mendengar penjelasan para ahli
dok.KEB (Kumpulan Emak Blogger)

Nah, Maks, isu rendahnya kuantitas dan kualitas sarapan masyarakat Indonesia inilah yang menginspirasi Frisian Flag untuk menggelar kampanye Bulan Sarapan Sempurna. Menurut Ranjeet Kaur Virik, Marketing Manager Frisian Flag Indonesia, kampanye yang akan digelar selama Maret 2016 ini diharapkan akan meningkatkan pemahaman dan keinginan masyarakat untuk membiasakan sarapan bersama keluarga. Sarapan sempurna akan membangun keluarga yang kuat.

Yang terakhir jangan lupa, kebersamaan keluarga adalah sumber kekuatan anggotanya, lho! Masih menurut Psikolog Keluarga Roslina Verauli, M.Psi, sarapan dapat dimanfaatkan sebagai “our-time” untuk saling update kegiatan dan menjadi salah satu “ritual” rutin yang bisa meningkatkan psychological-wellbeing setiap anggota keluarga. Momen sarapan bersama menjadi semangat keluarga untuk menjalani harinya.

Hmmm … mau ikut terlibat kampanye sarapan sempurna? Yuk, kunjungi www.bulansarapansempurna.com. Ada banyak program menarik dan hadiah yang cantik lho.

Selamat sarapan pagi ^^ 

17 komentar:

  1. Seru banget itu suasana di meja makannya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha biasa anak-anak riweuh

      Hapus
  2. fotonya cute banget mba, seneng yaa mendapatkan penjelasan, informasi yang bagus di sarapan sempurna

    BalasHapus
  3. Sip, moga konsisten sarapannya ya..

    BalasHapus
  4. Meski sederhana yang penting bersama ya mak.. Biar jadi sarapan sempurna... :)

    BalasHapus
  5. Yuk ikuuuut biar dapat meja *modus*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan bisa masuk rumah xixixixixi

      Hapus
  6. Sarapan sangat penting untuk keluarga ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeeet. Makanya jarang dilewatkan, Mak ^^

      Hapus
  7. Aku sudah daftar dong! Siapa yang ngga mau ya dapet momen kebersamaan keluarga sekaligus dapet hadiah dari frisian flag. Hehe. Semoga menang ya Maaaaaaaaak

    BalasHapus
  8. akuuu mauu aku mauuu..ikut terlibat dan membangun sarapan utk keluarga.... komit yesss

    BalasHapus
  9. Keluarga adlh segalanya, sdh jd kewajiban klo kita hrs memberi mrk sarapan sempurna dan bergizi :)

    BalasHapus
  10. seru ya acaranya, bertabur ilmu

    BalasHapus

Pengikut

Supporting KEB

Supporting KEB
Kumpulan Emak Blogger

Histats

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats